Pelaksanaan Program KKN Tematik UNRAM “1 house 3 pollybag”

1 house 3 pollybag” merupakan salah satu program kerja dari mahasiswa KKN Tematik UNRAM.  Program ini membagikan 3 pollybag tanaman holtikultura untuk setiap rumah dipinggir jalan di dusun Borok lelet. Setiap rumah yang berada di pinggir jalan di berikan 3 pollybag sebagai sampel dari program. Selain sebagai sampel, hal ini juga karna jumlah dari bibit tanaman yang terbatas. Bibit tanaman diperoleh dari Balai Penyuluh Pertanian kecamatan Masbagik.

Tujuan dari pelaksanaan program kerja ini yaitu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan kosong yang ada di rumah mereka. Masyarakat juga dapat memenuhi kebutuhan dapur mereka khususnya cabai yang sering mengalami fluktuasi harga. Program kerja ini juga sekaligus sebagai bagian dari kampanye program pemerintah yakni 1 rumah 1 pollybag.

Tanaman yang di bagikan yaitu tanaman jenis holtikultura. Tanaman tersebut yakni tanaman cabai. Tentunya pemilihan tanaman cabai sebagai bagian dari program ini di laksanakan berdasarkan permasalahan yang sering di hadapi oleh masyarakat. Permasalahan tersebut tentunya menyangkut masalah ekonomi. Pada saat-saat tertentu, harga cabai melonjak tinggi akibat dari kelangkaan. Kelangkaan ini terjadi karna berbagai sebab. Beberapa penyebab tersebut yakni  faktor cuaca, distribusi yang terganggu dan penyebab lainnya.

Selain berdasarkan permasalahan tersebut, program kerja ini di jalankan atas dasar dari anjuran pemerintah yakni “1 house 1 pollybag”.

Selama pembagian bibit ini, masyarakat sangat antusias menerima pollybag yang di berikan. Terlihat dari masyarakat yang meminta pollybag lebih dari jatah yang di berikan oleh kelompok KKN Tematik UNRAM. Selain itu, masyarakat yang menyaksikan dan tidak memiliki rumah di pinggir jalan juga meminta bibit tanaman.

Sampai pembagian pollybag berakhir, terhitung sekitar 50 rumah telah menerima pollybag yang di bagikan. Di harapkan pada masyarakat supaya merawat bibit tanaman cabai yang telah di bagikan sehingga mereka dapat menerima manfaatnya di kemudian hari.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan