5 KERUSAKAN AKIBAT AIR SUNGAI

5 KERUSAKAN AKIBAT AIR SUNGAI

Lendang Nangka Utara Kec. Masbagik Lombok Timur NTB.

28 Nopember 2017 09.00 Wib

Terdapat beberapa aliran air sungai yang mengalami kerusakan cukup begitu parah yang di akibatakan oleh curah hujan yang tinggi secara otomatis air hujan akan turun kesungai dan sungai akan menglami kerusakan bila menampung air yang tidak sesui dengan kapasitas daya tampung maksimal.

Dampak yang di sebabkan oleh air sungai yang mengalir besar ini menakibatkan beberapa kerusakan di wilayah Lendang Nangka Utara  yaitu:

  1. Pohon tumbang

Air sungai yang mengalir melebihi batas maksimal daya tampung sungai di sebabkan oleh hujan yang lebat dapat mengakibatkan pohon kayu yang berada di pinggir sungai jadi tumbang, kayu tumbang di sekir area sungai mengganggu arus air dan dapat mebuata air jadi menguap ke area persawahan.

Gambar 1 Pohon tumbang

       2. Dapat mengakibatkan Terjadinya Longsor di sekitar area sungai

Tumbangnya pepohonan yang berada di sekitar sungai dapat mengakibatkan terjadinya longsor karena pohon yang tumbuh di sekitar  sungai sebagai pondasi penguat tanah sekitar sungai

Gambar 2 Longsor

      3. Merusak jalan penghubung (Jembatan)

Besarnya air sungai yang mengalir mengakibatkan jembatan kembar yang di bangun oleh TGH. Padil Thohir  Bersma Masyarakat puluhan tahu yang lalu menuju kantor Desa Lendang Nangka Utara jebol karena tidak bisa menahan derasnya aliran air sungai yang mengalir.

Gambar 3 Jembatan jebol

      4. Dapat merusak lahan area persawahan sekitar

Air sungai yang mengalir melebihi batas maksimal daya tampung sungai di sebabkan oleh hujan yang lebat dapat mengakibatkan pohon kayu yang berada di pinggir sungai jadi tumbang, kayu tumbang di sekir area sungai mengganggu arus air dan dapat mebuata air jadi menguap ke area persawahan, masuknya air sungai ke area persawahan mengakibatakan sawah jadilumpur dan terkadang masuk pasir dan bisa jadi batas sawah jadi rusak akibat air yang melimpah.

Gambar 4 lahan area persawahan

      5. Dapat mengakibatkan terjadinya banjir

Tumabangnya pohon di sekitar sungai membuat saluran air menjadi tersumbat dan menampung saluran air sehingga air mengup naik ke permukan jalan, pada ahirnya dapat menggangu kendaraan lewat saking besarny air yang mengalir jalan pun jadi rusak parah sampai-sampai tidak bisa di lewati oleh sepeda motor.

Gambar 5 Banjir dan Danpaknya

Semoga Bermanfaat. “AMIN” 

 

By: Muazzin Zain Penyuluh DBT

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan