3 AGENDA RAPAT SOSIALISASI PENGGUNAAN DDS UNTUK RUMAH SEHAT PAKIR MISKIN (RSPM)

29 Nopembar 2017 13.15 wib

Rapat  sosialisasi penggunaan DDS untuk Rumah Sehat Pakir Miskin (RSPM) dalam hal ini yang dipimpin langsung oleh kepala Desa Lendang Nangka Utara H. Jumawal, SH yang dihadiri oleh 12 Kepala Dusun dari masing masing-masing dusun yang berada di Desa Lendang Nangka Utara di gedung aula kantor desa. Ada tiga pokok inti dari tema rapat tersebut adalah:

  1. Pajak
  2. Rumah Kumuh
  3. BPD

Gambar 1. Kepala Desa Lendang Nangka Utara

Adapun penjelasan dari agenda rapat sosialisasi penggunaan DDS untuk rumah sehat pakir miskin (RSPM) tersebut:

  1. Pajak

Terkait dengan pajak dari masing-masing dusun ada 5 (lima) dusun yang sudah 100% pajak yang di terima dari masyarakat yang di setor ke desa yaitu

  1. Otak Pancor
  2. Kapitan
  3. Gonjong Utara
  4. Benteng Montong Sube
  5. Jimse

Sisanya yang 7 (tujuh) dusun yang kurang dari 100% sekitar 65 % pajak yang sudah di terima dari masyarakat

  1. Otak Pancor Utara
  2. Benteng Utara
  3. Masjid Bakik
  4. Gawah Malang
  5. Lowang Sawak
  6. Borok Lelet
  7. Benteng Selatan

Gamabar 2. Kepala Dusun dari 12 Dusun

Beberapa permasalahan yang di hadapi oleh masing-masing  kepala dusun terkait dengan pemungutan pajak di antaranya yaitu:

  1. Masyarakat sudah melaksanakan pajak tapi belum menerima SPPT sebagai bukti lunas pajak yang belum ada
  2. Warga masyarakat yang berdomisili di luara dusun tapi memiliki tanah di dusun yang besangkutan di usulkan oleh kepala dusun benteng utara untuk melaksanakn pajak ke kantor camat, dan mungkin pihak desa belum menerima konpirmasi dari kecamatan.

Kepala Desa Lendang Nangka Utara memotipasi kepala dusun untuk mempertegas pemungutan pajak ini suapaya tidak terjadi kekeliruan di kesokan harinya.

  1. Rumah Kumuh

Terkait dengan rumah kumuh ada yang di jelaskan langsung oleh kepala desa terkair mengenai dana yang di proleh dari  Dana Desa sebesar Rp. 7.500.000 belum di potong pajak tapi kepala desa menyarankan untuk tidak di potong pajak demi kesejahtraan masyarakat yang benar-benar membutuhkan dana tersebut setandar dengan beberapa ketentuan besar rumah yang telah di patok sama pemerintah  dengan ukuran 4×6 menggunakan batako, memiliki jendela dan atap menggunkan asbes, dengan dana yang sangat minim ini tidak memungkinkan akan bisa berjalan pembangunan rumah kumuh tersebut, oleh karena itu kepala Desa Lendang Nangka Utara H, Jumawal, SH. Menyarankan kepada masing-masing kepala dusun untuk memulai pembangunan ini dengan bergotong royong kepala dusun mengajak kepada warga dusun untuk bergotong royong membangun rumah kumuh tersebut.

  1. BPD

Kepala desa menghimbau kepada kepala dusun tentang keberadaan BPD yang baru belum dilantik sampai saat ini karna ada beberapa kendala dukungan masyarakat belum palid dengan beberapa calon yang telah di calonkan.

Gambar 3. Kesimpulan Dari Kepala Desa

 

 

By; Penyluh DBT 2017

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan