ACARA EVALUASI PROGRAM KESEHATAN DAN SOSIALISASI PROGRAM INDONESIA SEHAT DENGAN PENDEKATAN KELUARGA (PIS-PK) Oleh Puskesmas Lendang Nangka

Acara  Evaluasi Program Kesehatan dan Sosialisasi Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga yang di selenggaran oleh tim kesehatan dari puskesmas Lendang Nangka yaitu Ibu. Sulatin Kepala Puskesmas Bersama beberapa staf dan perawat dari puskesma ini dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan yang bertempat di aula gedung kantor Desa Lendang Nangka Utara yang dihadiri oleh Bhabinkamtibmas Desa Lendang Nangka Utara Sakban besama Bhabinsa Khariadi, Kepala Dusun dari 12 Dusun dan bapak/ibu kader yang ada di Desa Lendang Nangka Utara,  adapun terkait dengan acara ini di buka oleh salah seorang staf dari puskesmas lendang nangka utara dan acara sambutan oleh kepala Desa Lendang Nangka Utara H. Jumawal, SH. Dengan ucapan terimakasih kepada kepala Puskesmas Lendang Nangka bersama staf yang telah bejuang untuk puskesmas lendang nanggka ini sehingga pada ahirnya pembangunan puskesmas lendang nangka  yang dulunya kita kenal sangat minim jika dibandingkan dengan beberapa pukesmas yang lebih maju yang ada di Lombok timur dan Alhamdulillah sekarang sudah di renopasi dengan picture dan desain yang  bisa dikaatakan cukup mewah untuk di tempati meskipun saat ini belum layak untuk di tempati karena masih dalam proses pengerjaan.

Gambar 1, Kepala Desa  Bersama Kepala Puskesmas Lendang Nangka

Adapun isi penyampaian dari kepala Puskesmas Lendang Nangka terkait dengan kesehatan, ada beberapa program kesehatan dari puskesmas yang akan di selenggarakan di tahun 2018  seperti:

  1. Akan diadakan posyandu lansian
  2. PMT akan di berikan sebesar Rp. 100.000 /posiandu
  3. Akan diusahakan penambahan pustu di Desa Lendang Nangka Utara

Kepala Puskesmas Lendang Nangka menghimbau kepada kepala dusun dan masyarakat untuk di maklumi sampai saat ini di puskesmas Lendang Nangka sering terjadi penculikan berupa HP di karenakan parkiran pengujung rawat inap sama yang rawat jalan belum di buatakan tempat supaya pihak puskesmas  bisa membedakan tamu rawat jalan dan rawat inap, dan alhmdulillah sekarang lagi dalam proses pembutan untuk parkiran.

 Terkait dengan gizi buruk ada lima anak yang ada di Desa Lendang Nangka Utara yang terkena penyakit gizi buruk yang samapai saat ini masih perhatikan secara khusus oleh pihak puskesmas oleh karena itu kepala puskesmas menyarankan kepada Bpak Kepala Dusun dan Ibu Kader untuk menyarankan kepada ibu hamil utuk rajin-rajin posiandu karena di posiandu tetap dikontol perkembangan kehamilan bersama kesehatan bayi yang ada dalam kandungan dan akan di kasi vitamin di setiap kali posiandu.

Dalam rangka pelaksanaaan Program Indonesia Sehat telah disepakati adanya 12 indikator utama untuk penanda status kesehatan sebuah keluarga. Kedua belas indikator utama tersebut adalah sebagai berikut.
1. Keluarga mengikuti program Keluarga Berencana (KB)
2. Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan
3. Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap
4. Bayi mendapat air susu ibu (ASI) eksklusif
5. Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan
6. Penderita tuberkulosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar
7. Penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur
8. Penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan
9. Anggota keluarga tidak ada yang merokok
10. Keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)
11. Keluarga mempunyai akses sarana air bersih
12. Keluarga mempunyai akses atau menggunakan jamban sehat

Ada benerapa usul dan pernyaan dari Bhabinkamtibmas Desa Lendang Nangka Utara terkait dengan Program Kesehatan dan Sosialisasi Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga ini diantaranya yaitu:

  1. Untuk pelayanan kesehatan tidak hanya ada di dalam puskesmas
  2. Indikator keberhasilan dari program kesehatan dan sosialisasi program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga ini seperti apa?.
  3. Bukti dari keberhasilan dari program ini di kampung mana saja?.

Gambar 2, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Lendang Nangka Utara

Untuk pelayanan kesehatan ini di tahun 2018 akan ada namanya program pemeriksaan kesehatan gratis kesemua warga yang ada adi di 5 desa yang paskesnya di Puskesma Lendang Nagka yaitu

  1. Desa danger
  2. Desa kesik
  3. Desa kumbang
  4. Desa lendang nangka dan
  5. Desa lendang nangka utara

Petugas Puskesmas akan mendatangi langsung kepada semua masyarakat ke rumah masing-masing untuk di periksa kesehatannya dengan membawa alat dan beberapa obat sedangkan jika di temuka penyakit yang membutuhkan perwatan khusus untuk dibawa ke puskesmas untuk di bawa berobat demi tercapainya program Indonesia sehat ini.

Adapun terkait mengenai penyakit jiwa Kepala Puskesmas menyarankaan jika ada warga yang terkana penyakit jiwa ini untuk di buatkan kis sebagai pengganti dari BPJS program dari Bapak Presiden Jokowi dengan cara langsung ke dinas sosial supaya mayarakat yang terkena penyakit jiwa ini secepatnya mendapatkan perawatan secara gratis.

Gambar 3, Peserta Rapat Terdiri dari Kepala Dusun dan Ibu Kader

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan