Panen Nanas Madu Lendang Nangka Utara

Pasca panen nanas madu untuk di bawa ke pasar layak untuk di konsumsi

Lendangnangkautara.desa.id (28/03/2018) : Nanas madu merupakan nanas yang di tanam oleh para petani yang ada di desa lendang nangka utara dengan masa yang cukup lama untuk di panen membutuhkan waktu kurang lebih selama 12 bulan.

Ada beberapa cara tanam nanas madu di desa lendang nangka utara:

  1. Penyediaan lahan

Untuk mendapatkan hasil tanam yang bagus khususnya nanas madu yang ada di desa lendang nangka utara ini untuk pemula biasa lahan di bajak dulu sebelum dinam dengan jumlah bibit yang di siapkan untuk tanah per arenya 1000 – 1200

  1. Metode tanam

Setelah lahan di bajak dan siap untuk di tanam, tanaman nanas ini di tanam dengan rapi dengan jarak tanam 30cm-40cm dan jarak untuk masuk 60 cm

  1. Pembersihan gulma

Setelah tanaman nanas berumur 3 bulan maka dilakukan pembersihan gulma supaya tanaman nanas dapat tumbuh maksimal dan tidak terganggu sama tanaman gulma yang tumbuh dan dapat menghambat pertumbuhan dari tanaman nanas ini.

  1. Pemupukan

Pemupukan dilakukan setelah tanaman nanas berumur 3 bulan dan setelah gulma di bersihkan untuk pemupukan pupuk yang biasanya digunakan oleh para petani nanas adalah pupuk urea, phoska dan ZA yang di campur secara merata dari 3 pupuk tersebut dan untuk pemupukan kedua setelah tanaman nanas berumur 6-7 bulan tergantung dari bagus bibit yang ditanam.

  1. Membuahi

Para petani nanas yang ada di desa lendang nangka utara ini biasanya melakukan proses pembuahan setelah 2 minggu pemupukan kedua karena menurut para petani di pemupukan kedua itu di lakukan supaya menghasilkan buah yang cukup super dan berkelas. Setelah proses pembuahan para petani menunggu waktu yang cukup lama untuk berbuah dan panen berkisar di 5-6 bulan untuk proses pembuahan.

  1. Panen nanas

Untuk panen nanas madu ini biasa para petani menjual hasil panen dari tanaman nanas ini ke sodagar dengan harga yang tidak tentu dan cukup murah karena di beli dengan cara di borong perlahan dan di petik oleh pembeli (sodagar) untuk di kirim dan dijual ke pasar nanas masbagik, kayangan dan mataram dan ada sebagian juga yang di bawa nyeberang ke bali. Untuk harga nanas biasanya para sodagar melepas ke pengepul buah 8 biji Rp.10.000 bahkan di saat persaingan buah banyak kayak musim mangga dan rambutan harga buah nanas menurun bias jadi 10-12 biji/Rp.10.000 untuk yang super dan yang tanggu 25 biji Rp10.000 dan buah yang paling kecil dinamakan unyil 90biji/ Rp.10.000 harga yang cukup murah kalo dilihat dari perawatan perosesnya yang cukup lama.

Pengangkutan nanas madu dari kebun ke pinggir jalan menuju mobil pengangkutan

Proses pemetikan nanas madu di kebun

Setelah panen nanas madu ini batang dan daun dari tanaman nanas ini jadi makanan ternak sapi para peternak sapi biasanya setelah panene nanas ini lansung kekebun untuk mengambil daun nanas yang sudah dipanen dan di iris terlebih dahulu duri dari daun nanas ini baru di kasi makan sapi karena daun dari tanaman nanas ini berduri.

Tanaman nanas yang sudah di panen dan di jadikan makanan dari sapi para peternak

Para petani nanas yang ada di desa lendang nangka utara sangat berharap untuk mendapatkan perhatian dari pemerintah untuk dia adakan bimbingan untuk pengoalahan buah nanas ini dan diadakan alat pengolahan untuk di prodak menjadi minuman segar dan sejenisnya karena untuk saat ini buah nanas yang ada di desa lendang nangka utara ini dijual belikan sekedar untuk di bikin rujak dan di konsumsi.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan